Tim Survei Temukan Fragmen Gerabah di Gua Prasejarah Liangkobhori

arisapriadi, 07 Feb 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

MUNA - Kawasan Prasejarah Liangkobhori terus menjadi perhatian Pemda Muna terutama dalam perbaikan akses jalan dan beberapa fasilitas lainnya.

Tak dapat dipungkiri bahwa Liangkobhori saat ini menjadi perhatian mahasiswa seluruh Indonesia, ilmuwan, peneliti , wisatawan domestik maupun mancanegara serta telah menjadi perhatian dunia internasional termasuk kaghati kolope . Lukisan di Liangkobhori menjelaskan bahwa di Muna lah layang layang pertama di dunia bukan Cina.

Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Kabupaten Muna, Hadi Wahyudi, S.Si,ME menjelaskan, bukti peradaban prasejarah ini juga sejalan dgn penelitian antropologi yang menyebutkan bahwa salah satu suku tertua di nusantara adalah Suku Tomuna di Pulau Muna yang termasuk dalam Ras Weddoid berasal dari Srilanka.

"Orang Muna saat ini adalah perpaduan antara ras Weddoid dan Ras Melayu Mongoloid" jelas Hadi, Jumat 7/2/2020.

Sebagai bagian pengelolaan potensi cagar budaya lanjut Hadi, balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan, melakukan survei dengan menyusuri gua-gua yang memiliki indikasi sebagai gua prasejarah pada kawasan karst di kabupaten Muna.

"Kegiatan ini merupakan lanjutan upaya inventarisasi potensi gua prasejarah di kawasan tersebut, dimana sebelumnya juga dilakukan pada tahun 2016 dan 2017. untuk tahun 2018 Tim survei menemukan 15 gua yang memiliki potensi kandungan arkeologis yang didominasi oleh temuan lukisan, selain itu juga ditemukan fragmen gerabah dan tulang pada beberapa gua. kegiatan dilangsungkan selama delapan hari, dari tanggal 15 s/d 22 Februari 2018," tuturnya. (**)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu