Gelar Baksos di Tiga Lokasi, Lurah Bombonawulu Apresiasi Kinerja Gudep MTsN 4 Buteng

laanto, 10 Feb 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

 

BUTON TENGAH - Lurah Bombonawulu, H. Asmin Maa, ST mengapresiasi kinerja tim Pramuka Penggalang Gugus Depan (Gudep) MTsN 4 Buton Tengah (Buteng) karena telah melakukan kegiatan bakti sosial (Baksos) di tiga lokasi, yakni di halaman gedung sanggar PKK depan Kantor Lurah Bombonawulu, halaman gedung Posyandu, serta di Masjid Baabussalam Kelurahan Bombonawulu, Kecamatan Gu, pada Minggu pagi, (9/2/2020).

Baksos tersebut merupakan agenda dari kegiatan Perkemahan Sabtu dan Minggu (Persami), tanggal 8 sampai 9 Februari 2020, yang diselenggarakan di pelataran MTsN 4 Buteng. Pelaksanaan Persami tersebut dikoordinir oleh Kepala MTsN 4 Buteng Asman Bandera, S.Pd dan dibantu oleh Pembina Gudep La Anto, S.Pd sebagai pelaksana di lapangan.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, alhamdulillah anak-anak Pramuka dari MTsN 4 Buteng sudah berpartisipasi dengan suka rela membantu kami bekerja membersihkan rumput-rumput maupun sampah di depan kantor Lurah, di Posyandu dan di Masjid Baabussalam," ungkap Asmin Maa kepada jurnalis Indonesiasatu.co.id.

Ia mengaku salut dengan kepedulian anggota Pramuka Gudep MTsN 4 Buteng terhadap lingkungan sekitar. Menurutnya, ilmu Kepramukaan mampu beradaptasi dengan kemajuan zaman, sehingga ia berpendapat bahwa ilmu kepramukaan sangat penting untuk dikembangkan dan diterapkan oleh para pelajar dalam kehidupan bermasyarakat.

Lurah Bombonawulu juga merasa sangat terbantu dengan kegiatan baksos yang dilakukan oleh anggota Pramuka Gudep MTsN 4 Buteng.

"Sebenarnya kami sudah agendakan, setiap hari Jumat kami adakan bakti sosial untuk membersihkan, tapi karena faktor juga kesibukan, akhirnya rumput-rumput di halaman gedung sanggar PKK yang di depan kantor Lurah itu belum sempat kami bersihkan, makanya kami juga sangat bersyukur ada inisiatif dari anak-anak Pramuka MTsN 4 Buteng untuk membantu membersihkan," ujarnya.

Kepala Lingkungan XVI Kelurahan Bombonawulu, Absur yang juga mengawal pelaksanaan kegiatan baksos turut berterima kasih kepada Pembina Gudep MTsN 4 Buteng karena telah memilih Kelurahan Bombonawulu sebagai lokasi kegiatan baksos. 

"Terima kasih banyak ini kasian pak Guru, sudah kerahkan siswanya untuk bantu-bantu kami membersihkan sampah maupun rumput yang sudah tumbuh subur," ucap Absur.

Sementara itu, Pembina Gudep MTsN 4 Buteng, La Anto, S.Pd bertekad untuk terus berkarya mengembangkan dan memajukan Pramuka di Madrasah tempat ia mengajar. 

Pesatnya perkembangan zaman saat ini, menurutnya tidak hanya membawa dampak positif bagi generasi muda, tetapi juga turut membawa dampak negatif, salah satunya mengikis nilai-nilai moral maupun sikap dan etika siswa terhadap kedua orang tuanya, guru, maupun masyarakat sekitar.

"Sekarang ini kita melihat banyak anak yang kurang patuh dengan orang tuanya, sudah kurang patuh dengan gurunya di sekolah, makanya melalui kegiatan kepramukaan kami selalu menanamkan sikap sopan santun terhadap sesama, mandiri, rela berkorban dan selalu semangat dalam bekerja. Yang terpenting adalah menerapkan prinsip bagaimana anak pramuka itu dapat berbakti kepada orang tuanya, jadi anak yang suka menolong, berguna bagi keluarga dan masyarakat sekitar, negara maupun agama," ucapnya.

Dikatakannya, pengembangan ilmu kepramukaan di setiap sekolah dirasa sangat penting, selain merupakan ekstra kurikuler wajib yang dicanangkan oleh Pemerintah pusat, ilmu kepramukaan juga dipandang perlu sebagai acuan pengembangan karakter dan nilai-nilai moral dikalangan pelajar.

"Agenda latihan mingguan di Gudep MTsN 4 Buteng ini kami laksanakan secara rutin setiap Jumat sore, tujuannya agar bisa melatih siswa dengan ilmu kepramukaan, kedisiplinan, hidup hemat, cermat, bersahaja dan berani bertanggung jawab. Selain itu, sikap patriotisme dan bela negara juga menjadi landasan utama yang selalu ditanamkan dalam jiwa Anak pramuka," tambahnya mengakhiri. (**)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu