Masyarakat Resah, Penegak Hukum dan Pemerintah Daerah Kab. Kerinci Terkesan Tutup Mata Terhadap Galian C Ilegal di Sungai Sikai

INDONESIASATU.CO.ID:

KERINCI - Maraknya terjadi kegiatan pertambangan Galian C. ilegal dalam wilayah Kabupaten kerinci menarik perhatian semua pihak, kegiatan pertambangan dan produksinya yang mengunakan alat berat ini terus saja berlangsung hingga sekarang, dan para pelaku terkesan tidak takut dengan keberadaan pihak penegak hukum yang ada di Kabupaten Kerinci.

Berdasarkan informasi dari salah seorang warga sungai sikai Kecamatan Kayu Aro Barat, yang engan disebutkan Namanya (Red) bahwasanya mereka merasa resah dengan adanya kegiatan keluar masuk kendaraan roda enam (6) jenis Colt Diesel yang membawa material tanah, batu yang terus saja berlalu lalang di jalan desa, bahkan membuat bertambah hancur/ rusaknya jalan. Padahal jalan tersebut sangat berguna sekali bagi masyarakat  untuk menuju ke kebun mereka, anehnya lagi  kegiatan pertambangan Galian C  yang terlaksana sama sekali tidak mengantonggi izin sama Sekali, sebagai mana yang diatur dalam Perundang-Undangan Republik Indonesia. "Kok malah dibiarkan saja oleh pemerintah daerah dan penagak hukum di kerinci," keluhnya.

Dari informasi yang disampaikan, Jurnalis IndonesiaSatu.co.id langsung melakukan cek dan ricek ke lokasi Galin C Ilegal di desa Sungai Sikai  Kecamatan Kayu Aro Barat, Kabupaten Kerinci, Sabtu (1/6) , 22/02 pukul 02” Wib.

Setibanya di lokasi terlihat adanya satu alat berat (Berat Execapator) warna kuning yang sedang beroperasi.  Saat dikonfirmasikan dengan salah seorang pegawai tambang, “pemilik lokasi Galian C ( Ilegal) Seseorang bernama Deka Warga Polompek Kec. Gunung Tujuh, yang saat itu tidak berada Ditempat.

Ditambahkannya hasil kegiatan pertambangan Galian C ini, dibawa kesalah satu perusahaan yang mengelola aspal milik  saudara Diki, yang merupakan anggota dari Hendra Oyong/ pak hok. PT. Lawang Agung  yang berada di sungai Rumpun Kecamatan kayu Aro.

Beradasarkan hasil temuan Jurnalis IndonesiaSatu.co.id ini tentang adanya kegiatan pertambangan Galian C Ilegal di desa Sungai Sikai Kecmatan Kayu aro, kami berusaha menemui Kepala Desa di kedimannya  RT. 1  untuk dimintai keterangan dan tanggapanya,  akan tetapi sangat disayangkan menurut istrinya Kepala Desa Sungai Sikai, Suaminya tidak berada ditempat dan lagi Dinas Luar /DL. (Bers- doni.jis)   

  • Whatsapp

Index Berita