Pendaftaran Balon Ketua DPD KNPI Buteng Resmi Dibuka, Berikut Persyaratannya

INDONESIASATU.CO.ID:

BUTON TENGAH - Pendaftaran Bakal Calon (Balon) Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi dibuka sejak dini hari tanggal 25 hingga 27 Desember 2018.

Pelaksanaan pendaftaran balon Ketua bertempat di Sekretariat DPD KNPI Buton Tengah. Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Musda Hermansyah usai rapat lanjutan tentang pemantapan panitia yang kedua di Sekretariat KNPI Buteng.

"Berdasarkan rapat pemantapan yang berakhir tadi, telah disepakati untuk dibuka pendaftaran bakal calon. Untuk kelengkapan berkas bakal calon dapat diambil di Sekretariat KNPI Kabupaten Buton Tengah yang beralamat di jalan poros Mawasangka-Wamengkoli, Lingkungan Bagea, Kelurahan Mawasangka, Kecamatan Mawasangka," ucap Herman yang juga mantan Lurah Mawasangka kepada crew IndonesiaSatu.Co.id, Selasa (25/12/2018).

Selain itu, para bakal calon ketua KNPI Buteng yang akan bertarung kata Herman, agar mengambil berkas persyaratan calon kepada panitia pelaksana untuk selanjutnya diverifikasi.

"Pendaftaran akan dimulai hari ini tanggal 25 sampai 27 Desember kedepan. Untuk tanggal 27 batas pendaftaran itu sampai pukul 09.00 Wita atau sebelum dimulainya Musda," Jelasnya.

Pada pelaksanaan Musda ke-2 nantinya, para peserta terbagi dalam dua kategori yakni Peserta Penuh dan Peninjau berdasarkan AD/ART KNPI.

"Peserta penuh adalah DPD I Provinsi Sulawesi Tenggara, OKP Nasional yang memiliki kepengurusan di Kabupaten, DPD II KNPI Kabupaten Buton Tengah, MPI Kabupaten Buton Tengah dan Pengurus Kecamatan (PK) KNPI," ujarnya.

Herman juga mengatakan, Peserta Peninjau dalam Musda KNPI yang diatur berdasarkan ART KNPI Kabupaten/Kota  pasal 11 ayat (6) hanya memiliki hak bicara dan tidak memiliki hak memilih dan dipilih.

Untuk diketahui, persyaratan Calon Ketua DPD KNPI Buteng berdasarkan AD/ART KNPI pada pasal 21 ayat (3) adalah sebagai berikut:
1. Tidak melebihi dua periode sebagai Ketua.
2. Pernah atau sedang menjabat sebagai unsur pimpinan DPD KNPI kabupaten/kota atau unsur pimpinan OKP Nasional tingkat kabupaten/kota yang dibuktikan dengan SK kepengurusan di masing-masing lembaga.
3. Didukung sekurang-kurangnya 20% suara peserta dalam Musda KNPI Kabupaten/Kota.
4. Mendapatkan rekomendasi tertulis dari tiga Dewan Pengurus Kecamatan/Distrik KNPI serta sekurang-kurangnya enam OKP yang berstatus sebagai peserta Musda KNPI.
5. Menyampaikan riwayat hidup serta pokok-pokok pikiran mengenai visi-misi serta strategi dan kebijakan dalam memajukan KNPI dihadapan para peserta Musda.

Penulis: Arwin Mawasangka

  • Whatsapp

Index Berita