Ingat Sejarah Kemerdekaan Untuk Bersama Jaga NKRI, Suatu Gagasan Dari Salah Seorang Jurnalis Media Online

indonesiasatu, 28 Sep 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

MAKASSAR- Suatu gagasan atau Pendapat yang ditulis atau yang dibuat oleh salah satu Wartawan atau Jurnalis media Online melalui gambaran perjuangan para pahlawan pada saat NKRI merdeka di Tahun 1945 dengan situasi yang terjadi saat ini di NKRI kita.

Berikut isi dari Gagasan atau pendapatnya yang dituangkan lewat tulisan :

“Mengapa NKRI kita seperti saat ini, coba kita bayangkan, begitu banyak nyawa yang telah dikorbankan oleh para pejuang kita untuk bisa merebut kemerdekaan dimasa itu, dimana para pahlawan kita rela mati untuk merebut Kemerdekaan NKRI yang kita cintai ini, apakah kita pernah berfikir untuk bisa berbuat atas apa yang sudah dilakukan oleh para pahlawan kita.

Tanggal 17 Agustus merupakan tanggal istimewa bagi rakyat Indonesia, karena pada tanggal tersebut Republik Indonesia mulai berdiri. Republik Indonesia mulai dikumandangkan kemerdekaannya oleh Soekarno Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945. Begitu besar arti dan makna dari kemerdekaan Indonesia terhadap kelangsungan pembangunan Indonesia. Hanya saja banyak yang melupakan perjuangan Bangsa Indonesia dalam memperebutkan kemerdekaan yang telah banyak menelan korban jiwa dan menguras harta benda pada masa penjajahan kala itu.

10 November 1945 merupakan hari bersejarah dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sampai akhirnya hingga saat ini, 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan, dimana setiap bangsa Indonesia secara serentak memperingati dan mengenang jasa para pahlawan Indonesia yang telah berjuang dan berkorban demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November ini didasari oleh peristiwa Pertempuran Surabaya, dimana tentara Indonesia berperang melawan pasukan asing Britania Raya di kota Surabaya, Jawa Timur. Pada tanggal 19 September 1945, sekelompok orang Belanda mengibarkan bendera Belanda di Hotel Yamato, Surabaya-Jawa Timur.

Namun kita sebagai penerus hanya bisa menikmatinya dan memanfaatkan kemerdekaan itu. Apakah kalian berfikir, walau kita tidak ada di masa itu, namun setidaknya kita bisa menjaga dan merawat NKRI kita melalui Sumber Daya Manusia yang ada di NKRI kita sendiri, namun saat ini yang terjadi kekacauan dimana mana dan seperti yang kita lihat atau rasakan seperti saat ini dimana Masyarakat saling serang menyerang, kesengjangan sosial terjadi dimana mana, Hukum seakan Tajam ke bawah Tumpul ke Atas Mahasiswa turun ke jalan menyuarakan Aspirasi Masyarakat dan berbenturan dengan aparat, ini semua adalah fakta yang terjadi saat ini. Apakah kita dan Tokoh Masyarakat serta penguasa atau yang memiliki kedudukan hanya diam dan duduk melihat semua ini, semuanya adalah tanggung jawab kita bersama

Wahai lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif, Para Aparat, Para Mahasiswa, Para Tokoh, Para Penguasa, Para Lembaga Kontrol, Para Aliansi, dan Masyarakat, mari buka Kesadaran bahwa kita adalah pemegang kuasa atas hidup yang kita jalani yang tentu akan memberi kita motivasi untuk merawatnya penuh tanggung jawab dan kita membutuhkan setidaknya empat hal, yakni dorongan personal, komitmen, inisiatif dan optimisme untuk bisa terus mau dan mampu mencapai tujuan yang sama yaitu melihat NKRI Merdeka dari semua permasalah yang terjadi.

NKRI milik kita bersama, mari kita utamakan kepentingan NKRI dalam hal ini kesejahteraan atau kepentingan masyarakat harus diutamakan dibading kepentingan Pribadi dan jangan gunakan NKRI ini untuk suatu tujuan Pribadi atau kepentingan kelompok yang menguntungkan beberapa pihak dan mengorbankan masyarakat.

Sebagaimana yang tertuang dalam UUD 1945 alenia ke-empat tersebut dapat diketahui bahwa, tujuan NKRI ialah:

1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia

2. Memajukan kesejahteraan umum

3. Mencerdaskan kehidupan bangsa

4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Tujuan NKRI diatas yang telah dirancang oleh para pendiri bangsa terdahulu, tentu diperlukan suatu usaha untuk mewujudkannya. Tak hanya dari pihak pemerintah tetapi juga peran dari seluruh rakyat Indonesia.

Dari keempat tujuan tersebut, masyarakat bisa turut berpartisipasi dalam beberapa kegiatan atau mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai bentuk upaya mewujudkan tujuan NKRI salah satunya adalah dengan membela negara”.

Semoga apa yang saya telah tulis diatas sesuai Fikiran dan pendapat serta gagasan saya secara pribadi dapat bermanfaat untuk Kemajuan NKRI kita.

“Orang yang menginginkan impiannya menjadi kenyataan, harus menjaga diri agar tidak tertidur”.

(Salam dari saya HERMAN)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu