Karang Taruna Nirwana Kelurahan Sulaa Gelar Aksi Cegah Virus Corona 

indonesiasatu, 29 Mar 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

BAUBAU - Sejumlah anggota Karang Taruna Nirwana Kelurahan Sulaa, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) turun kejalan menggelar aksi bebas virus Corona. Aksi sosial yang digelar pada Minggu 29 Maret 2020 ini dipimpin langsung oleh Ketua Karang Taruna Nirwana, Alwan Ramadhan.

Kepada media ini, ia dan kawan-kawan mengaku bahwa kegiatan sterilisasi virus tersebut dilakukan secara tulus dan suka rela, serta tanpa ada tendensi kepentingan apapun. 

"Ini adalah bentuk keperdulian kami terhadap masyarakat Kelurahan Sulaa, karena kami lihat di tempat ini sebagai salah satu area rawan virus berbahaya seperti Corona, karena disini ada dermaga kapal  penumpang yang cukup ramai aktivitas pelayaran lautnya," kata dia.

Pemuda yang akrab disapa Alwan ini mengungkapkan, Kelurahan Sulaa merupakan salah satu tempat yang berfungsi sebagai pusat transit para penumpang kapal body (Katinting), dengan rute Baubau-Kadatua-Siompu maupun sebaliknya.

"Kami tidak tahu apakah penumpang dari luar daerah ini sudah positif terkena virus Corona atau tidak, kami hanya berusaha mencegah, sebelum terlambat," ungkapnya.

Kegiatan sosial tersebut dimulai sejak Kamis kemarin (26/3/2020). Pada hari pertama kegiatan, anggota Karang Taruna Nirwana fokus memantau dermaga penyeberangan, hingga kemudian berlanjut di beberapa lokasi.

"Di dermaga menjadi pusat keramaian dan kebanyak aktivitas padat disitu, kami pun menyiapkan cairan desinfektan yang kami racik sendiri. Untuk hari ini cukup banyak yang masuk di kampung kami untuk menuju pulau-pulau kecil disebrang sana, ada yang  baru datang dari Sorong, Todanga, dan juga Yogyakarta," imbuhnya.

Dalam aksi sosial tersebut, para pemuda di Kelurahan Sulaa juga memotong akses jalan poros Sulaa menuju pantai Lakeba dengan cara memblokir jalan masuk. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses pemantauan maupun pengaturan arus lalu lintas. (Herlin)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu